Kamis, 20 Februari 2014


sumber........REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- 1st





Sejumlah pengusaha muslim masuk sebagai 40 orang terkaya di Indonesia. Beberapa tokoh di antaranya adalah pengusaha Chairul Tanjung, Achmad Hamami, Garibaldi Thohir, dan Aksa Mahmud.

Pemilik usaha CT Corp, Chairul Tanjung, misalnya berada di posisi kelima dengan kekayaan mencapai 3,4 miliar dolar AS. Ia melejit dari sebelumnya berada di posisi 11.

Begitu pula dengan pengusaha alat berat, Achmad Hamami. Meski turun dari posisi 10 menjadi 16, dirinya masih masuk sebagai pengusaha sukses dengan kekayaan mencapai 1,7 miliar dolar AS.

Pemilik perusahaan batu bara Adaro Indonesia, Garibaldi Thohir, juga masih punya taring dengan menjadi salah satu orang terkaya. Walau harus turun dari posisi 18 menjadi 28, lelaki yang akrab dipanggil Boy Thohir itu tercatat memiliki kekayaan 1,5 miliar dolar AS.

Sementara itu ,aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sekaligus pemilik Bosowa Group juga masih bertengger sebagai salah satu pengusaha sukses. Kekayaannya bahkan mencapai 820 juta dolar AS, yang membuatnya naik menjadi orang terkaya ke 34, dari sebelumnya 35.

Menurut pemimpin Grup Saratoga, Sandiaga Uno, para pengusaha muslim yang masuk dalam 40 orang kaya Indonesia itu merupakan inspirasi bagi pengusaha muda seperti dirinya. "Insya allah menjadi inspirasi," katanya, Ahad (2/12).

Dikatakannya muslim adalah mayoritas di Tanah Air. "Harusnya dapat mencetak entrepreneur-entrepreneur tangguh," tegasnya.

Pengamat ekonomi Islam, Gunawan Yasni, menilai para pengusaha muslim ini telah menjalankan mujahadah, yaitu kesungguhan dalam berprofesi sebagai pengusaha. "Predikat di majalah Forbes itu salah satu buah mujahadah mereka," tegasnya. Namun, ia tak menampik dominasi pengusaha muslim masih amat kurang dibanding pengusaha nonmuslim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar